Senin, 17 Desember 2007

UNESA




  • SEKILAS INFO

Dari sejarah institusinya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berawal dari cikal bakal intergrasi kursus B-I dan B-II yang ada di Surabaya ke dalam FKIP pada tahun 1960. Kemudian pada tahun 1961 FKIP diintegrasikan dengan PTPG menjadi FKIP Universitas Airlangga di Malang Cabang Surabaya. Pada tahun 1963 FKIP Airlangga Surabaya diintergrasikan lagi dengan IPG menjadi IKIP. Setelah IKIP berdiri, FKIP Malang menjadi IKIP Malang dan melepaskan diri dari Universitas Airlangga. Pada saat itu IKIP memiliki banyak cabang, antara lain Cabang Surabaya, Cabang Madiun, Cabang Singaraja, dan Cabang Kupang. FKIP Malang Cabang Surabaya menjadi IKIP Malang Cabang Surabaya.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 182 Tahun 1964, berdirilah IKIP Surabaya. Peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 1964 pukul 08.00 WIB, di jalan Kayoon 72-74 Surabaya. Saat itu IKIP Surabaya memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), Fakultas Keguruan Ilmu Teknik (FKIT). Kemudian bertambah satu fakultas lagi, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 042/O/1977 Sekolah Tinggi Olahraga (STO) berintegrasi ke IKIP Surabaya dengan nama Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK).

Selanjutnya, terjadi perkembangan dan mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK), dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

Berdasarkan Keppres RI No. 93 Tahun 1999, IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya. Sesuai hasil keputusan rapat senat pada tanggal 12 Oktober 1998, yang menyepakati bahwa nama IKIP Surabaya pasca-konversi adalah Universitas Negeri Surabaya yang disingkat UNESA. Dalam bahasa Inggris, disepakati penyebutannya adalah State University of Surabaya.
UNESA merupakan lembaga yang mempunyai misi ganda yang tetap memiliki basis sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). UNESA tetap menyelenggarakan misi utama, yaitu menyelenggarakan program kependidikan dan program non kependidikan, sehingga UNESA tetap bertugas sebagai penghasil tenaga kependidikan untuk pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sesuai Keppres RI No. 93 Tahun 1999, UNESA mempunyai tugas:

Berdasarkan perluasan mandat dan perubahan tersebut, UNESA tetap memiliki enam fakultas yang juga mengalami perubahan nama, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Pada tahun 2006 atau tujuh tahun pasca konversi, UNESA membuka satu fakultas baru, yaitu Fakultas Ekonomi. Hal itu sesuai Surat yang dikeluarkan Dirjen Dikti Nomor 761/D/T/2006 tentang Pembukaan Fakultas Ekonomi Unesa tertanggal 16 Februari 2006, dan Surat Keputusan Rektor Unesa No. 050/J37/HK.01.23/PP.03.02/2006 tentang Pemisahan Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Program Studinya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Pembukaan Fakultas Ekonomi tertanggal 16 Maret 2006. Sehingga saat ini UNESA memiliki tujuh fakultas.


  • VISI DAN MISI UNESA
VISI UNESA
UNESA sebagai institusi yang bergerak di dalam pendidikan, mempunyai visi, misi, fungsi, dan tujuan yang jelas dipaparkan dalam buku statuta dan Rencana Strategis (Renstra) Unesa 2005-2015. Berdasarkan Surat keputusan Presiden R.I. Nomor 93 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Surabaya menjadi Universitas Negeri Surabaya, pada pasal 2 dokumen tersebut dinyatakan bahwa Unesa menyelenggarakan program kependidikan dan nonkependidikan (multi mission institution). Berkaitan dengan itu Unesa mempunyai tugas: 1. menyelenggarakan program kependidikan akademik dan/atau pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni.
2. mengembangkan ilmu pendidikan, ilmu keguruan, serta mendidik tenaga akademik, dan profesional dalam bidang kependidikan.


Terkait dengan tugas dan amanah tersebut, visi UNESA dirumuskan sebagai berikut: UNESA menjadi Universitas mandiri yang berbasis penelitian dalam pengembangan ipteks serta tenaga kependidikan dan non kependidikan yang profesional.


Penjelasan kata kunci dari visi Unesa ialah sebagai berikut:
Mandiri:
Artinya Unesa siap menyongsong menjadi universitas berbadan hukum yakni badan Hukum Pendidikan Tinggi (BHT), memiliki kesehatan organisasi yang baik, sehingga mampu melaksanakan otonomi perguruan tinggi.

Berbasis penelitian:
Artinya semua aktivitas Unesa yang berupa kegiatan tridarma, manajemen administrasi dan keuangan, pengembangan SDM, pengembangan Ipteks, dan pengambilan keputusan didasarkan pada hasil penelitian.

Profesional:
Artinya mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahliannya dan memiliki kemampuan daya saing secara komparatif dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional.


MISI UNESA.
Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bernuansa religius, berwawasan Teknologi Informasi untuk menghasilkan lulusan yang religius dan menguasai Teknologi Informasi, unggul, mandiri dan berkemampuan wirausahaan verjiwa pemimpin serta profesional.
b. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan dan pengajaran.
c. Mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi, dan seni (Ipteks) yang dilandasi profesionalisme.
d. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program studi dan/atau pembukaan program studi baru.
e. Menghasilkan tenaga kependidikan dan non kependidikan yang profesional.
f. Menjadikan Unesa pusat pengembangan pendidikan dasar dan menengah.
g. Menyelenggarakan perguruan tinggi yang akuntabel, efisien, efektif, transparan, dan mandiri.


  • KEMAHASISWAAN UNESA
KEMAHASISWAAN

Unit Kegiatan Mahasiswa :
- Resimen Mahasiswa 804
- Gerakan Pramuka Gugus Depan Surabaya 413-414
- Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam
- Pecinta Catur
- Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa
- Aktivitas Fotografi
- Saloka
- Paduan Suara dan Musik
- Drama Teater
- Tari
- Unit Kegiatan Kerohanian:
Islam, Budha, Hindu, Kristen Protestan, dan Katolik
- Bela Diri :
Ju-Jitsu Dojo, Perisai Diri, Nur Harias, Persaudaraan Setia Hati Teratai, Kempo & Karate.
- Oahraga:
Bulu Tangkis, Softball, Anggar, Dayung, Renang, dan Atletik

  • AGENDA UNESA

02-05-2007
Upacara Hari Pendidikan Nasional
12-05-2007
Seminar Kewirausahaan
15-05-2007
Pelatihan Elearning
15-08-2007 Pascasarjana
Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana
23-08-2007 Pascasarjana
Sosialisasi Penulisan dan Pembelian Hak Cipta Buku Pelajaran
02-12-2007 FBS
Ujian Noryoku Shiken 2007

  • FAKULTAS UNESA

A. ILMU PENDIDIKAN
Fakultas Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
a. Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1)
b. Program Studi Pendidikan Luar Biasa (S1)

2. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
a. Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
b. Program Studi PGSD (D2)
c. Program Studi PGTK (D2)

3. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
a. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (S1)



Laboratorium Ilmu Pendidikan
FIP memiliki beberapa laboratorium pengembangan pendidikan, seperti laboratorium teknologi pendidikan yang dilengkapi dengan berbagai peralatan dan media pendidikan, laboratorium tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, dan tuna daksa, laboratorium PGTK dan PGSD, serta laboratorium pendidikan luar sekolah

B. BAHASA DAN SENI
Fakultas Bahasa dan Seni menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
a. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (S1)
b. Program Studi Sastra Indonesia (S1)

2. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
a. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
b. Program Studi Sastra Inggris (S1)
c.Business English (S1)

3. Jurusan Pendidikan Bahasa Asing
a. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)
b. Program Studi Bahasa dan Sastra Jerman (S1)
c. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)

4. Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah
a. Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, serta Daerah /Jawa (S1)

5. Jurusan Pendidikan seni Rupa
a. Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1)
b. Program Studi Desain Grafis (D3)

6. Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (S1)



Laboratorium Bahasa dan Seni
FBS memiliki beberapa Laboratorium dan Studio termasuk Teater dan Sanggar yang berfungsi memberikan pengembangan media pembelajaran dan pemberian pelatihan tentang keterampilan tertentu kepada mahasiswa, seperti keterampilan mengajar melalui kegiatan micro teaching, menggambar teknik, latihan drama dan pementasan drama serta wadah kegiatan di bidang kesenian, yang mencakup seni rupa, seni sastra, seni lukis, seni tari dan sejenisnya.

D. FAKULTAS MIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Pendidikan Matematika
a. Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
b. Program Studi Matematika (S1)

2. Jurusan Pendidikan Fisika
a. Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
b. Program Studi Fisika (S1)

3. Jurusan Pendidikan Kimia
a. Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
b. Program Studi Kimia (S1)

4. Jurusan Pendidikan Biologi
a. Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
b. Program Studi Biologi (S1)

Laboratorium Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
FPMIPA memiliki beberapa laboratorium penunjang untuk peningkatan menelitian dan pengajaran dalam bentuk praktikum yang nyata. Setiap Jurusan di Fakultas Matematika dan lmu Pengetahuan Alam memiliki Laboratorium yang menunjang guna kelancaran proses belajar mengajar yang diperlukan oleh mahasiswa dan dosen. Laboratorium yang ada diantaranya laboratorium kimia, fisika, matematika dan biologi

E. FAKULTAS ILMU SOSIAL

Fakultas Ilmu Sosial menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
a. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1)
b. Program Studi Administrasi Negara (D3)

2. Jurusan Pendidikan Geografi
a. Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

3. Jurusan Pendidikan Sejarah
a. Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
b. Program Studi Sosiologi (S1)



Laboratorium Ilmu Sosial
FIS memiliki beberapa laboratorium, di antaranya laboratorium geography information system, laboratorium komputer yang on-line dan dilengkapi dengan Software khusus untuk bidang ekonomi, sejarah, dan hukum.

F. TEKNIK
Fakultas Teknik menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
a. Konsentrasi : Pendidikan Teknik Tenaga Listrik (S1)
Pendidikan Teknik Elektronika Telekomunikasi (S1)
b. Program Studi Teknik Listrik (D3)

2. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin
a. Konsentrasi : Pendidikan Teknik Mesin Otomotif (S1)
Pendidikan Teknik Mesin Produksi (S1)
b. Program Studi Teknik Mesin (D3)

3. Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan
a. Konsentrasi : Pendidikan Teknik Bangunan Gedung (S1)
Pendidikan Teknik Bangunan Air (S1)
b. Program Studi Teknik Sipil (D3)

4. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
a. Konsentrasi : Pendidikan Tata Boga (S1)
Pendidikan Tata Busana (S1)
b. Program Studi Tata Boga (D3)
c. Program Studi Tata Busana (D3)

Laboratorium Teknik

FT memiliki Laboratorium dan Bengkel sesuai jurusan yang berfungsi sebagai sarana pratikum bersimulasi nyata dalam bentuk kerja praktek. Mahasiswa diberikan peralatan dan media seperti layaknya kondisi di lapangan dan memberikan solusi perbaikan serta pembenahan terhadap media praktikum. Laboratorium di FT juga mendapat dukungan dari beberapa perusahaan. Laboratorium yang ada diantaranya laboratorium CNC, otomotip, produksi, komputer, bahasa, arsitektur, elektronika, dan industri kerumahtanggaan

G. FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN


Fakultas Ilmu Keolahragaan menyelenggarakan Jurusan/ Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Pendidikan Olahraga
a. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (S1)
b. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (D2)

2. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga
a. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1)

3. Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
a. Program Studi Ilmu Keolahragaan (S1)



Laboratorium Ilmu Keolahragaan
FIK memiliki beberapa Laboratorium yang salah satunya merupakan program unggulan UNESA. Laboratorium FIK berada di kampus Lidah Wetan yang kesemuanya berupa Gedung Olah Raga dari beberapa cabang olahraga yang di pelajari oleh mahasiswa. Laboratorium unggulannya adalah Sport Science and Fitness Center (SSFC) yang berada dalam satu naungan Program Sukses UNESA yaitu UNESA Club House.




Sport Science and Fitness Centre (SSFC)
SSFC adalah suatu laboratorium kebugaran jasmani yang didalamnya menangani tentang pemulihan kebugaran dengan menggunakan proses spa. Berkembangnya pemulihan kesehatan dan kebugaran melalui spa ini secara alami di masyarakat juga diikuti pengembangan ilmu secara alamiah oleh Fakultas lmu Keolahragaan (FIK) dengan berbagai model untuk pemulian kebugaran jasmani. Laboratorium ini dilengkapi dengan "whirepool" untuk proses pemulihan kebugaran dengan menggunakan air yang di sampingnya dilengkapi dengan "sauna" yang menggunakan berbagai macam aroma. Pemulihan kebugaran dengan menggunakan "massage" ditangani oleh masseur yang terlatih dengan menggunakan berbagai metode yang berkembang di masyarakat, seperti body massage dengan menggunakan berbagai aromatherapy. Di samping itu disiapkan ruang massage yan nyaman dan dilengkapi musik pengusir stress.

H. KAKULTAS EKONOMI

Fakultas Ekonomi menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Jurusan Pendidikan Ekonomi
a. Konsentrasi : Program Studi Pendidikan Akuntansi (S1)
b. Program Studi Pendidikan Tata Niaga (S1)
c. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1)
d. Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1)

2. Program Studi Manajemen (S1)
3. Program Studi Akuntansi (D3)

I. PROGRAM PASCA SARJANA
Seiring dengan pesatnya perkembangan masyarakat dan meningkatnya tuntutan akan mutu pendidikan yang lebih tinggi, persyaratan kualifikasi guru SD/MI meningkat pula dari waktu ke waktu. Dengan diberlakukannya UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang mempersyaratkan bahwa pendidik pada SD/MI harus memiliki kualifikasi minimum lulusan Diploma-IV atau S-1 dengan latar belakang pendidikan tinggi di bidang pendidikan SD/MI, maka sangat diperlukan lembaga pengelola yang mampu mengantisipasi kebutuhan tersebut.

Memperhatikan kualifikasi minimal bagi guru SD/MI di atas, pemenuhan kebutuhan guru tersebut berdampak pula pada penyediaan tenaga dosen yang membina para calon guru SD/MI. Ketersediaan dosen yang handal yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya sangat berpengaruh positif pada peningkatan kualitas pendidikan nasional. Karena itu, diselenggarakan Program S2 Pendidikan Dasar untuk menjamin keberlangsungan pendidikan bagi calon dosen Program S1 Pendidikan Dasar.

Sebagai gambaran, banyaknya lulusan Prodi D-II PGSD Unesa sejak berdiri hingga sekarang (1990-2006) adalah 32.127 orang, sedangkan lulusan lima tahun terakhir (2002/2003-2005/2006) sebanyak 3.484 orang. Dengan demikian, para lulusan tersebut memiliki hak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S1, sehingga kebutuhan akan tenaga dosen yang handal seperti yang disebutkan di atas mutlak diperlukan. Oleh karena itu, PPs Unesa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, baik sumber daya manusia maupun fisik merasa terpanggil untuk ikut berperanserta dalam mewujudkan kebutuhan tenaga dosen tersebut.

  • MASA PENDAFTARAN
1. Program dengan awal perkuliahan pada semester gasal: (September 2007)
Gelombang 1* : 1 Februari - 15 Mei 2007
Gelombang 2 : 16 Mei-15 Agustus 2007
2. Program dengan awal perkuliahan pada semester genap (maret 2007) 15 Januari-20 Februari 2007
*)pelamar BPPS harus memasukkan lamaran pada gelombang 1
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya 60231
Tepon/Faks. (031) 8293484, Email: pascaunesa@yahoo.co.id

  • PROGRAM STUDINYA

Program Pascasarjana menyelenggarakan Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
- Program Magister Pendidikan Matematika (S2)
- Program Magister Pendidikan Sains (S2)
- Program Magister Pendidikan Olahraga (S2)
- Program Magister Pendidikan Bahasa & Sastra (S2)
- Program Magister Manajemen Pendidikan (S2)
- Program Magister Pendidikan Dasar (S2)
- Program Doktor Pendidikan Matematika (S3)
- Program Doktor Ilmu Keolahragaan (S3)
- Program Doktor Pendidikan Bahasa dan Sastra (S3)


Persyaratan :
Peserta harus menulis surat lamaran yang ditujukan kepada Direktur PPs Universitas Negeri Surabaya Kampus UNESA Ketintang Surabaya 60231, Telp./Faks. (031) 8293484 dengan dilampiri data-data berikut:
1. foto kopi ijazah dan transkrip nilai S1 untuk Program S2; S1 dan S2 untuk Program S3 dari PTN atau PTS
yang diakui oleh Depdiknas sesuai dengan bidang keahlian/prodi yang dipilih yang telah dilegalisasi, dengan IPK
minimal 3.00 untuk Program S3;
2. daftar karya ilmiah yang pernah ditulis dan kegiatan ilmiah yang pernah diikuti;
3. satu tulisan ilmiah (artikel atau makalah atau buku teks dan bukan skripsi) yang menurut calon dianggap paling
baik (diutamakan yang telah dipublikasikan melalui jurnal atau penerbitan ilmiah);
4. ide penelitian yang dirancang untuk tesis (S2) atau disertasi (S3), yang memuat masalah penelitian, tujuan, dan
strategi pemecahan masalah dalam 5-7 halaman berspasi ganda (tidak berlaku untuk program sertifikasi);
5. surat rekomendasi dari dua orang mantan dosen senior pada jenjang ijazah yang digunakan, Guru Besar, atau
Kepala Lembaga tempat bekerja yang mengetahui kemampuan akademik dan kepribadian calon;
6. surat keterangan tentang kemampuan bahasa Inggris calon dari lembaga yang berwenang, misalnya Balai Bahasa,
Jurusan Bahasa Inggris suatu Perguruan Tinggi, hasil TOEFL, atau yang sejenis;
7. surat Izin dari lembaga/instansi (khusus bagi calon yang bekerja)
8. surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan dari calon/instansi pengirim/sponsor;
9. surat keterangan kesehatan dari Tim Penguji (bukan dokter praktek swasta);
10. SK Pengangkatan sebagai PNS/SK Tenaga Tetap Yayasan (khusus bagi yang mengajukan BPPS);
11. enam lembar pas foto dengan ukuran 3 x 4 cm;
12. membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk program sertifikasi atau S2
serta Rp 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) untuk program S3.

Kurikulum, Lama Studi dan waktu Perkuliahan
1. Kurikulum
a. Kurikulum Program S2 PPs UNESA dirancang dalam 42-46 sks, yang terdiri atas
4 - 6 sks : Dasar Umum
4 - 6 sks : Dasar Kependidikan
27- 32 sks : Spesialisasi
8 sks : Tesis
b. Kurikulum Program S3 dirancang dalam 40-50 sks, yang terdiri atas
8-12 sks : Mata kuliah Pendukung Disertasi
32-38 sks : Disertasi

2. Lama Studi
Lama studi Program S2/S3 adalah 5 semester dengan batas waktu maksimal lama studi 8 semester untuk S2
dan 10 semester untuk S3. Untuk Program Sertifikasi batasan satuan waktunya adalah semester.

3. Waktu Perkuliahan
a. Kelas reguler (kelas pagi dan sore) dibuka untuk setiap semester dengan awal perkuliahan semester gasal
pada setiap bulan September dan awal semester genap pada setiap bulan Maret.
b. Kelas regular Jum'at-Sabtu-Minggu (khusus untuk Program S2) dengan masa awal kuliah pada semester
gasal dan genap.
c. Kelas sertifikasi dapat bergabung dengan kelas reguler, kelas khusus Sabtu-Minggu, atau kelas tersendiri
bila jumlah peserta memadai.

Fasilitas
1. Ruang kuliah ber-AC dengan lingkungan akademik yang kondusif.
2. Perpustakaan dengan koleksi buku-buku teks, referensi, jurnal maupun majalah ilmiah sekitar 4.164 judul
dengan jumlah 4.560 eksemplar dan journal on-line yang dapat mengakses lebih dari 2.000 judul. Di samping
itu, terdapat perpustakaan pusat UNESA.
3. Tenaga akademik berjumlah 92 orang dosen yang terdiri atas 44 Guru Besar, 27 Doktor, 21 Magister lulusan
dalam dan luar negeri.
4. Fasilitas komputerisasi yang terdiri atas unit komputer untuk penunjang perkuliahan dan unit komputer layanan
akademik, yang dapat digunakan untuk mengakses rencana dan hasil studi.
5. Laboratorium untuk mendukung perkuliahan.
6. Fasilitas umum berupa Kantor Pos, Bank, Poliklinik, lapangan olah raga, ruang sidang, dan kafetaria.
7. BPPS (Beasiswa Program Pasca-Sarjana) bagi peserta dosen (PTN/PTS) yang memenuhi kriteria.

Saringan Akademik
Saringan akademik mencakup indeks prestasi S1/S2, mutu karya ilmiah, mutu ide penelitian, rekomendasi tentang
kemampuan akademik, dan kemampuan berbahasa Inggris


Program Sertifikasi
Program sertifikasi diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalitas peserta melalui pengambilan mata kuliah sesuai dengan kurikulum S2 yang diminati sehingga lebih fleksibel berdasarkan kebutuhan dan kesempatan. Di samping itu, program ini juga berfungsi sebagai kegiatan pengumpulan kredit yang dapat dimanfaatkan dan diakui untuk memasuki program S2 di PPs Unesa.

Profil Lulusan
PPs Unesa bertujuan menghasilkan tenaga pengajar pada jenjang S2, S1, atau jenjang yang lebih rendah dan tenaga kependidikan lain, sesuai dengan keahliannya yang memiliki:
1. jiwa Pancasila yang berkepribadian tinggi, mampu melakukan penelitian, serta pengembangan dan pemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi;
2. sifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun masalah yang
dihadapi masyarakat, khususnya dalam bidang keahliannya;
3. kemampuan mengembangkan pelayanan profesi dengan jalan melakukan penelitian dan pengembangan dalam
bidang keahliannya;
4. kemampuan mengembangkan penampilan profesinya dalam spektrum yang lebih luas, dengan mengaitkan ilmu
atau profesi yang serupa.

Tidak ada komentar: